CARA TERBAIK MEMBUAT ORANG MERASA PENTING

Posted on September 19, 2012

6


Sifat manusia yang paling umum__sifat yang saya, anda dan setiap orang lain miliki__sifat yang begitu kuat sehingga membuat orang melakukan, baik dan buruk__adalah hasrat untuk menjadi penting, hasrat untuk diakui.

Jadi__bila anda ingin terampil dalam menjalin hubungan dengan manusia, pastikan untuk membuat orang lain merasa penting. Ingalah, smakin anda membuat orang itu merasa penting, semakin  besar tanggapan meraka kepada anda.

Setiap orang ingin diperlakukan sebagai seseorang(diorangkan)__ini adalah dasar kebiasaan orang Timur untuk ”menyelamatkan muka”.

Tidak seorangpun ingin diperlakukan sebagai bukan siapa-siapa dan ketika mereka diabaikan atau dipandang rendah, mereka diperlakukan sebagai bukan siapa-siapa, sebagai orang yang tidak ada artinya.

Ingatlah!__bagi orang lain, dia sama pentingnya bagi dirinya seperti bagi diri anda. Memanfaatkan sifat ini adalah salah satu batu penjuru untuk menjalin relasi manusiawi yang berhasil.

Beberapa tips tentang cara mengakui orang dan membuat mereka merasa penting:

  1. Dengarkanlah mereka. Menolak mendengarkan orang jelas merupakan cara membuat mereka merasa tidak penting dan menganggap mereka bukan siapa-siapa. Mendengarkan mereka jelas merupakan cara paling baik untuk membuat mereka merasa penting.
  2. Pujilah dan hargailah mereka jika mereka memang patut mendapatkannya.
  3. Gunakan nama dan foto mereka sesering mungkin.
  4. Berhentilah sejenak sebelum anda menjawab mereka. Cara ini member kesan kepada mereka bahwa anda merenungkan apa yang mereka katakan.
  5. Gunakan kata-lata mereka__”anda” dan “milik anda” bukan “saya, aku milikku.”
  6. Sambutlah orang yang menunggu untuk bertemu anda. Jika mereka harus menunggu, buatlah mereka tahu bahwa anda tahu mereka sedang menunggu. Ini berarti anda sungguh-sungguh memperlakukan mereka sabagai “orang”.
  7. Perhatikanlah setiap orang di dalam sebuah kelompok. Bukan hanya pemimpin atau pembicara saja.

___Source: Less Giblin: Skill with People____

Artikel terkait:

Advertisements