Informasi Baru( Serial Mengendalikan Pikiran)

Posted on June 8, 2013

4


Misalkan Anda sedang berjualan atau menawarkan sesuatu. Anggaplah Anda adalah seorang penjual sabun. Apabila Anda berkata bahwa sabun itu dapat membersihkan tubuh dan  meanehmbuatnya wangi, dan sebagainya… maka yang Anda berikan adalah informasi lama yang kurang menarik perhatian orang yang dituju. Itu karena yang Anda berikan adalah informasi usang yang sudah diketahui oleh orang tersebut. Dan, semakin tidak menarik karena tidak mengandung informasi baru. Tapi, kalau saja kita mengatakan bahwa sabun ini juga bisa dimakan Jelas, hal ini akan menarik perhatian orang karena itu adalah informasi baru yang belum pernah ia dengar sebelumnya. (Lagipula bukankah memang semua sabun itu dapat dimakan? Walaupun harus bertaruh nyawa!)

Poinnya di sini adalah informasi baru akan selalu tampak lebih menarik. Cobalah pikirkan hal ini dalam konteks kehidupan Anda sehari-hari. Masukkan berbagai informasi baru yang bisa membuat diri Anda menjadi pusat perhatian! Dan, tahukah Anda bahwa gas elpiji itu sebenarnya tidak berbau? Mungkin, Anda akan menyangkalnya karena Anda yakin kalau tabung gas elpiji bocor maka akan timbul bau. Betul! Akan tetapi, sebenarnya gas elpiji memang tidak berbau! Hanya saja, di dalam proses pengemasannya, gas itu diberi aroma khusus. Hal ini dimaksudkan agar gas menghasilkan bau yang unik dan mudah dikenali manakala tabungnya bocor! Menarik, bukan?

ya Mungkin, karena ini adalah informasi baru bagi Anda! Sekali lagi, jangan lupa. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, berhati-hatilah dalam memberikan informasi baru. Jikalau informasi baru itu cenderung bersifat negatif, akan lebih baik bagi Anda untuk tidak menyebarkannya agar tidak terbentuk konsep yang tidak perlu.

Artikel terkait: