CARA TERAMPIL UNTUK BERBICARA DENGAN ORANG

Posted on September 17, 2012

15


Ketika anda berbicara dengan orang, ambillah topic yang paling menarik bagi mereka untuk dibicarakan.

Apa topic yang paling menarik bagi mereka di dunia ini?

DIRI MEREKA!

Ketika anda berbicara pada mereka tentang diri mereka, mereka akan sangat tertarik dan amat terpesona. Mereka berpikir baik tentang anda karena melakukan hal ini.

Ketika anda berbicara dengan orang tentang diri mereka, anda mengusap mereka dengan cara yang benar, anda bekerja dengan kodrat manusia. Ketika anda berbicara dengan orang tentang diri anda sendiri, anda mengusap mereka dengan cara yang salah dan bekerja melawan kodrat  anda.

Singkirkanlah tiga kata ini dari kosa-kata anda:

“Saya, aku, milikku,”

Gantilah tiga kata itu dengan satu kata, kata paling penuh daya yang diucapkan oleh lidah manusia:

“Anda”

Misalnya,” ini untuk ANDA,” “ANDA akan meruntung jika ANDA melakukan hal ini”,” ini akan menyenangkan keluarga ANDA,” ANDA akan mendapatkan dua keuntungan itu,” dsb.

SINGKATNYA__ Jika  ANDA mengorbankan kepuasan yang ANDA peroleh dari berbicara tentang diri ANDA sendiri, dan yang ANDA peroleh dari pemakaian kata” Saya, aku, milikku,” kecakapan kepribadian ANDA dan pengaruh serta kekuatan ANDA meningkat secara luar biasa.

Tak dapat disangkal hal ini sulit dilakukan dan butuh banyak latihan, tetapi imbalannya sangat sebanding.

Cara lain yang baik untuk memanfaatkan ketertarikan orang pada diri mereka sendiri dalam sebuah percakapan adalah memancing mereka berbicara tentang diri mereka. Anda akan mendapati bahwa orang lebih cenderung membicarakan diri mereka daripada topik apaun juga.

Jika anda bisa mengarahkan orang untuk berbicara dengan diri mereka, mereka akan sangat menyukai anda. Ini dilakukan dengan mengajukan pertanyaan mengenai diri mereka seperti:

“Bagaimana keluarga anda?”

“Bagaimana kemajuan  anak anda?

“Dimana putri anda yang sudah menikah itu tinggal,”

“Sudah berapa lama anda bekerja di perusahaan ini”

“Apakah ini kota kelahiran anda, Pak….”

“Apa pendapat anda tentang….Pak…”

“Apakah ini foto keluarga anda, pak….”

“Apakah anda menikmati perjalanan anda,Pak..”

“Apakah keluarga anda akan ikut, pak…”

Kebanyakan dari kita tidak cakap atau tidak mengesankan di mata orang lain karena kita sibuk memikirkan dan membicarakan diri kita sendiri. Yang perlu diingat adalah bukan bagaimana anda menyukai pendapat dan topik anda, tetapi bagaimana pendengar anda menyukai hal ini.

Jadi__ ketika berbicara pada orang lain, bicaralah tentang mereka. Dan pancinglah mereka untuk bicara tentang diri mereka.

Dengan cara itulah anda bisa menjadi seorang pembicara yang paling menarik!

____Source: Less Giblin: Skill with People____

Artikel terkait: