Reticular Activating System (RAS)

Posted on February 20, 2013

2


reticular-activating-systemApa sesuatu yang sangat anda inginkan dalam waktu dekat ini? Ada tips rahasia yang akan membuat hal itu terwujud lebih cepat daripada yang anda duga. Tips ini sangat mudah untuk dilakukan dan memiliki efek luar biasa pada kemajuan anda. Tahukah anda, otak anda adalah kuncinya, selama 24 jam sehari otak anda sibuk menerima ratusan informasi. Namun otak akan menyaringnya dengan hanya mencari tahu bagaimana untuk mendapatkan apa yang anda fokuskan. Perhatikan, hal yang anda fokuskan, bukan hal yang anda inginkan. Otak tidak bereaksi terhadap keinginan dan kebutuhan, tetapi dia hanya akan bereaksi pada apa yang ada dalam pikiran anda secara berkelanjutan.

Jika anda berpikir tentang berapa banyak anda membenci pekerjaan anda, otak akan berusaha untuk memberikan lebih banyak alasan dari apa yang anda bayangkan. Ini akan membuat anda menemukan lebih banyak alasan kenapa pekerjaan itu tidak anda sukai. Itulah mengapa orang-orang yang mengeluh sepanjang waktu, selalu menemukan lebih banyak hal untuk dikeluhkan dan orang-orang bahagia selalu mendapat lebih banyak alasan untuk menjadi bahagia.

Ke arah mana anda ingin menuju? 

Jika pikiran anda dipenuhi dengan keraguan pada kemampuan anda sendiri, otak anda menciptakan realitas tersebut untuk anda, anda akan benar-benar tidak mampu. Ketika pertama kali anda belajar mengendarai sepeda motor, salah satu hal pertama yang diajarkan adalah untuk fokus ke arah mana anda menuju. Jika motor anda sedikit diluar kendali, jangan berfikir pada apa yang anda takutkan. Jika anda takut manabrak kemudian berfokus pada pengendara motor lain maka kemungkinan anda menabrak adalah 1000%. Anda cenderung untuk menuju ke arah apa yang anda fokuskan, tidak peduli itu hal yang anda inginkan ataupun yang tidak. Hal yang sama berlaku untuk kehidupan.

Orang-orang besar tahu akan hal ini. Mereka akan berusaha menjaga setiap pikiran mereka dan fokus hanya pada apa yang mereka inginkan. Anda bisa menjadi pelari tercepat di dunia, tetapi jika pikiran anda dipenuhi dengan rasa takut dan keraguan, Anda tidak dapat menggerakan tubuh anda untuk melakukan itu. Pikiran yang terganggu oleh keraguan tidak bisa fokus pada keberhasilan.

RAS, Reticular Activating System (sistem pengaktif jaringan) 

Anda memiliki sesuatu yang disebut RAS/Reticular Activating System (sistem pengaktif jaringan), bagian kecil dari otak yang menyerupai jari. Fungsinya adalah untuk menghapus sebagian besar informasi yang anda dengar, lihat dan rasakan. Setiap hari ada ratusan hal yang masuk ke dalam pikiran, tetapi jika anda fokus pada semuanya sekaligus, anda akan benar-benar gila. Coba pikirkan berapa banyak hal yang tidak anda perhatikan sekarang? bagaimana dengan suara percakapan orang-orang disekitar anda? bagaimana tangan dan kaki anda terasa saat ini? bagaimana hembusan nafas dan detak jantung anda?. Tentu sebelumnya anda tidak merasakan itu semua karena anda sedang asyik dan fokus membaca artikel ini bukan?. Saat anda mengubah fokus dari satu hal ke hal lain, anda juga sedang menghapus sebagian dari hal itu. RAS menentukan apa yang akan dihapus, namun andalah yang harus memutuskan apa tidak akan anda hapus.

Apa yang anda hapus? 

Jika Anda memutuskan untuk membeli motor sport merah maka Anda akan mulai melihat motor sport merah di mana-mana, motor warna lain…lewat. Jika anda memutuskan untuk membeli smartphone untuk pertama kalinya, anda akan tiba-tiba melihat smartphone dengan cara yang sama sekali berbeda dari sebelumnya. Anda akan mulai memperhatikan apa mereknya, berapa resolusi layarnya, berapa ram dan processornya dan anda akan melihat lebih banyak rincian lain yang tidak anda sadari sebelumnya. Dengan kata lain, Anda melihat perubahan yang terjadi tergantung pada apa yang anda fokuskan.

Nah, jika anda berfokus pada betapa sulitnya untuk mendapatkan keberhasilan, RAS anda akan menghapus informasi-informasi yang memungkinkan anda berhasil dengan lebih mudah daripada yang anda pikir. Jika anda berfokus pada bagaimana anda tidak memiliki cukup banyak waktu untuk mengerjakan tugas-tugas kantor, RAS anda akan menghapus ide-ide dan peluang yang dapat membantu anda menemukan jauh lebih banyak waktu daripada yang anda miliki.

Isi pikiran akan menjadi arah tujuan

Tetapi jika anda berfokus pada betapa anda benar-benar ingin berhasil di masa depan dan fokus pada kemampuan yang anda miliki untuk mewujudkannya, otak anda akan menunjukkan kepada anda lebih banyak cara yang lebih baik dan lebih cepat untuk berhasil. Jika anda berfokus pada betapa menyenangkan rasanya mendapatkan apa yang anda inginkan, otak anda akan berusaha semaksimal mungkin untuk membuat pengalaman lebih seperti itu. Imajinasikan apa yang anda inginkan dan anda akan membuatnya menjadi kenyataan. Tidak peduli apa yang anda inginkan atau tidak inginkan, itu soal apa yang anda isi ke dalam pikiran anda. RAS bereaksi terhadap isi pikiran, bukan pada keinginan.

Kendalikan fokus anda 
Anda harus benar-benar perhatikan tentang bagaimana anda berbicara pada diri sendiri dan apa gambaran yang anda buat dalam kepala anda. Setiap pikiran negatif akan menjadi penghambat. Jadi langkah pertama adalah untuk mengendalikan bagaimana anda berpikir tentang mimpi atau cita-cita anda. Bagaimana anda tahu jika anda sedang berfokus pada keinginan atau malah sedang berfokus pada keraguan mimpi itu tidak dapat diwujudkan?. Ini cukup sulit namun berikut ini adalah cara yang sederhana namun sangat efektif :

Buat tujuan besar dan kecil sepanjang waktu. Tujuan adalah sesuatu yang ingin ada capai dengan batasan waktu, jika anda tidak menetukan batas waktu untuk mencapainya, itu bukanlah tujuan tetapi sekedar keinginan. Tanyakan kepada diri anda :
1. Apa yang ingin saya capai tahun sekarang?
2. Apa yang akan saya fokus lakukan selama tiga puluh hari kedepan?
3. Apa fokus utama saya seminggu ini?
4. Persisnya apa fokus pekerjaan atau tugas hari ini yang harus saya selesaikan?

Segeralah ambil buku catatan dan tuliskan jawaban anda. Setiap anda telah mencapai tujuan anda, buatlah fokus tujuan baru untuk hari esok, minggu yang akan datang, bulan atau tahun berikutnya. Tetaplah fokus pada apa yang anda tuju dan bagaimana cara mencapainya. Ukur perkembangannya, rayakan setiap keberhasilan dan lakukan dengan lebih baik sampai tujuan besar anda terwujud. Perhatikan apa yang anda bicarakan pada diri anda sendiri, jauhkan fokus anda dari hal-hal yang tidak anda inginkan, fokuslah pada apa yang anda inginkan sampai anda terkejut dengan apa yang telah anda capai. Sumber

Artikel Terkait: