MENCIPTAKAN KESAN BAIK

Posted on October 7, 2012

2


 

Sampai batas tertentu kita mengontrol pendapat orang lain tentang kita. Kita mulai bergerak sebagai orang asing bagi setiap orang dan pendapat mereka tentang kita sangat ditentukan oleh cara kita membawa diri kita. Dengan mengetahui ini, kita semua perlu mengatur diri kita dengan cara-cara yang memberikan dampak baik pada orang lain.

Bertingkah lakulah dengan baik dan mengesankan!

Jika anda ingin orang lain berpikir baik tentang anda, menghormati anda, menganggap anda dengan kekaguman dan hormat, anda harus  memberi kesan bahwa anda memang pantas mendapatkan itu. Ini terjadi terutama karena nilai yang anda berkan pada diri anda.

Banggalah pada diri anda(tetapi tidak sombong), siapa anda, apa yang anda lakukan, di mana anda bekerja. Jangan menyesali posisi anda dalam hidup atau diri anda sendiri. Anda adalah anda__jadi kendalikanlah diri anda dengan bangga dan hormat.

Contoh__bila orang bertanya pada anda apa yang anda lakukan untuk menjalani hidup, sangatlah penting cara anda menjawab mereka. Kita andaikan anda menjual asuransi sehingga anda dapat menjawab mereka:

“Oh, saya cuma sales asuransi.”

Mereka tidak mungkin akan terkesan dengan anda karena anda telah memberi tahu mereka bahwa anda tidak berharga untuk mendapat kesan mereka.

Dengan menggunakan aturan ini__mengendalikan diri anda dengan bangga dan hormat__

Pak, saya cukup beruntung berhubungan dengan salah satu perusahaan terbaik di negeri ini, the Blank Insurance Co.”__padahal sama saja maksudnya dengan sales asuransi, tetapi anda menyebutnya dengan kebanggaan yang penuh

Anda dapat membayangkan dengan baik perbedaan nilai dalam pikiran orang lain bahwa jawaban kedua jelas mengatasi jawaban pertama.

Juga:

  • Bersikaplah tulus.

Jauhilah rayuan murah, janji-janji kosong, kata-kata tak berarti.

Katakan hal-hal yang memang anda maksudkan.

Percayailah hal-hal yang anda katakan.

  • Tunjukkan antusiasme.

Ini adalah aset tak ternilai yang dapat anda peroleh hanya anda dengan menjual diri anda berdasarkan apa yang anda lakukan.

Antusiasme itu menular. Setelah anda menjual diri anda, anda pun dapat menjual orang lain.

  • Jangan terlalu cemas.

Dalam berhubungan dengan orang, jangan kelihatan terlalu cemas.

Kecemasan berlebihan membuat orang bertanya-tanya dan ragu-ragu.

Orang mempunyai kecenderungan kuat untuk mencegah perbuatan apapun yang mereka rasa anda” terlalu berapi-api” bagi mereka. Naluri mereka akan menaruh curiga atau mendorong tawaran yang lebih sulit.

Tutupilah kecemasan anda. Jadilah seorang actor.

  • Jangan berusaha membangun diri anda dengan menghambat orang lain.

Selalulah bergantung pada kemampuan/ kualiitas anda sendiri__jangan berusaha membuat diri anda kelihatan baik dengan membuat orang lain kelihatan buruk.

Kemajuan sejati dalam hidup akan ditentukan oleh usaha dan harga diri anda sendiri. Anda tidak dapat berhasi dengan “menginjak tubuh orang lain”

Kalau anda tetap ingin menarik perhatian orang lain, bersandarlah pada kualitas anda sendiri. Bila anda menjatuhkan orang lain untuk membuat diri anda kelihatan baik dan menarik, focus perhatian malah akan beralih pada mereka, bukan pada anda.

  • Jangan memukul siapa pun atau apa pun.

Jika anda tidak dapat mengatakan sesuatu yang baik, jangan mengatakan apa pun(Muhammad SAW)

Memukul(menjatuhkan)itu salah, tetapi itu bukan alasan utama untuk tidak memukul. Alasan besar untuk tidak memukul adalah pukulan dan memukul akan merugikan dan melukai si pemukul sendiri.

Memukul hanya memperlihatkan jati diri seseorang.

Bersikaplah pintar, luwes__jangan memukul.

Artikel terkait: