Cara Memuji Orang

Posted on September 30, 2012

8


Manusia hidup bukan hanya dengan makan nasi saja!

Manusia membutuhkan santapan untuk jiwa seperti halnya dengan tubuh. Ingat bagaimana rasanya ketika sebuah kata yang manis atau pujian diberikan kepada anda? Ingat bagaimana sepanjang hari atau malam anda menjadi bersinar oleh kata manis atau pujian itu? Ingat berapa lama perasaan baik itu bertahan?

Orang lainpun akan beraksi persis seperti anda. Jadi__katakan hal-hal yang ingin didengar oleh orang. Mereka akan menyukai anda karena mengatakan hal-hal yang baik dan anda akan merasa bahagia karena telah mengatakan hal itu.

BERMURAH HATILAH DENGAN PUJIAN ANDA. Carilah seseorang dan sesuatu untuk dipuji dan kemudian lakukanlah!

Tetapi:

  • Pujian anda harus tulus. Jika tidak tulus, lebih jangan memberikanpujian!
  • Pujilah perbuatannya, bukan orangnya. Memuji perbuatan menghindari sesuatu yang memalukan dan mengelirukan. Cara ini memiliki kesan yang jauh lebih tulus dan lebih dapat menghindari tuduhan favoritism, dan menciptakan insentif untuk melakukan lebih banyak perbuatan yang sama.

Misalnya,”John, pekerjaanmu tahun lalu sungguh-sungguh luar biasa”(daripada “john, kamu memang orang yang baik”)

“Mary, kamu melakukan pekerjaan yang sangat bagus dalam laporan akhir tahun”(daripada” Mary, kamu adalah karyawan yang baik”)

Pokoknya buatlah pujian itu spesifik__tunjukkan dengan tepat.

RESEP KEBAHAGIAAN__Biasakanlah untuk setiap hari mengatakan satu yang baik  kepada sedikitnya tiga orang yang berbeda. Kemudian lihatlah bagaimana perasaan anda setelah berbuat demikian!

Ini adalah resep kebahagiaan untuk anda!

Ketika anda melihat kebahagiaan, rasa terima kasih, dan kesenangan lalu anda berikan kepada orang lain dengan melakukan hal di atas, anda akan merasa bahagia. Ada suka cita yang mengalir lebih besar dalam memberi daripada menerima sesuatu.

Cobalah!

Artikel terkait: