Membungkam Biang Gosip

Posted on July 19, 2012

5


Secara psikologis setidaknya ada tiga hal membuat orang senang untuk menceritakan kejelekan  orang lain.

  • Perilaku buruk seseorang memberinya kesempatan untuk merasa lebih nyaman dengan perilakunya sendiri.
  • Dengan membicarakan orang lain, dia tidak harus menghadapi masalah dalam perilakunya sendiri.
  • Bergosip memberinya rasa berkuasa.

Kalau ingin menghentikan seorang dari kebiasaan bergosip , hal di atas perlu diperhatikan. Jadi yang di atas adalah kekuatan yang menggerakkan seseorang untuk bergosip, itu sama dengan kekuatan yang dapat menghentikannya dari perilaku tersebut. Kalau kita bisa menghilangkan  hal di atas dari fikirannya, maka otomatis kebiasaannya bisa dihentikan.

Berikut ini adalah hal yang perlu di lakukan sebagai permainan psikologi:

  • Karena seorang berharap bahwa dengan bergosip dia akan mendapatkan penghormatan, maka anti dari ini adalah hindari memujinya dan lakukan sebaliknya. Gunakan orang ketiga. Katakan padanya,” saya sangat menyukai si A, dan semua orang menghormatinya”  Jika dia bertanya kenapa, makajawablah,” karena si A  adalah orang yang berhati mulia, tidak pernah sekalipun menceritakan kejeleka orang lain.
  • Saat menemukan momentum yang tepat, katakana saja secara terus terang. Nasihati dia akan kesalahannya. Katakan saja bahwa sebenarnya dengan membicarakan orang lain justru orang akan merendahkan bukan malah menghormati. Lalu buatlah perjanjian, paksa dia untuk tidak melakukan hal yang sama.
  • Tekhnik selanjutnya ini seperti virus. Saat ia menjangkiti tubuh, ia akan menyebar menyusuri hingga ke sum-sum tulang. Hmm..ini tidak terlalu luar biasa sebenarnya, ini hanya tentang membuaka matanya tentang tidak bergunanya sebuah gossip. Buat saja sebuah rumor yang sama sekali tidak masuk akal dan katakan kepadanya. Misalnya rumor tentang akan terjadinya gempa dalam beberapa jam ke depan, atau ceritakan tentang seekor ayam yang melahirkan bayi manusia. Dengan begini dia akan tersadar betapa gilanya sebuah rumor yang tidak masuk akal itu.
  • Yang terakhir, beramai-ramailah datang kepadanay di saat momen tertentu. Katakan padanya dengan ekspresi  yang  teramat serius seolah itu adalah berita penting. Katakan padanya bahwa anda mendengar cerita dari mulut ke mulut tentang dirinya. Bahwa orang-orang mulai membicarakan tentang dirinya tentang kebiasaannya bergossip. Tentang kebiasaannya menyebar informasi palsu. Nah tekhnik terakhir ini cukup menyiksa psikologinya. Dia akan merasa tersisih dari sosialnya dan mulai berfikir tentang kesalahannya…

Good  job, semoga ini bermanfaat!

 

Artikel terkait: