Bagaimana Jika Anda Keseleo Lidah

Posted on July 6, 2012

0


Bagaimana Jika Anda Keseleo Lidah

Mungkin anda sering keseleo lidah, itu wajar, itu manusiawi. Tapi sewajar apapun yang anda katakan, tetap saja dalam sudut pandang lawan bicara anda tetap tidak wajar, Menusuk hati, memicu amara, bahkan menjadi pencetus bara sengketa. Makanya setiap ingin mengucapkan sesuatu, pertimbangkanlah dua hal ini: Apakah kata-kata anda tidak menyakiti hati seseorang, dan apakah kata-kata anda penuh manfaat. Periminataan maaf dengan hanya sekadar mengataka,”maaf aku hanya bercanda” seringkali tidak bisa meredam masalah, rasa sakit tetap menjadi rasa sakit.

Nah jikapun anda tergelincir kedalamnya(ini kan manusiawi) maka anda harus melakukan hal-hal berikut.
1. Mengglobalkan, misalnya, jika anda berdebat dengan teman sekerja anda, lalu tiba-tiba anda melkukan pengumpatan”kamu adalah orang yang tidak mengerti masalah”, (ups) ini menyakitkan, maka segeralah lakukan penyelamatan diri dengan segera menambahkan, “dan semua orang di perusahaan ini tidak mengerti masalah..!”
2. Menggunakan orang ketiga. Misalnya, “kamu membuatku benar-benar muak dengan tingkahmu.” Dia tersinggung, itu pasti. Lakukanlah penyelamatan diri dengan menambahkan,”bukan Cuma kamu, adik saya juga selalu membuat saya demikian. Bahkan seisi rumah saya juga demikian. Saya tidak tahu kenapa..”..sip ok.